Headlines News :

Home » » Laporan dari Arab Saudi Calon Jamaah Haji Harus Jujur Saat Pemeriksaan Kesehatan

Laporan dari Arab Saudi Calon Jamaah Haji Harus Jujur Saat Pemeriksaan Kesehatan

Written By Unknown on Senin, 24 September 2012 | 13.20



Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda
Madinah Jemaah haji Indonesia seharusnya jujur saat pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan agar memudahkan perawatan dan riwayat pasien yang mengalami sakit untuk pemantauan.

"Mindset orang Indonesia itu kan takut tidak diberangkatkan kalau ketahuan sakit," kata Kabid Kesehatan Misi Haji Indonesia, dr Azimal kepada wartawan di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, Senin (24/9/2012).

Azimal mengatakan pemerintah tidak punya alasan untuk melarang seorang calon jamaah haji berangkat. Kecuali yang bersangkutan menderita sakit TBC aktif dan Lepra basah. Dua penyakit ini memang dilarang secara resmi internasional oleh WHO.

Dia menganjurkan para calon haji itu terbuka ketika menjalani pemeriksaan medis di tanah Air. Sebab, deteksi dini penyakit justru akan menguntungkan jamaah sendiri. Dalam kondisi tertentu, mereka diperbolehkan membawa obat yang disukai atau dirasa cocok.

"Namun mereka malah menyembunyikan penyakitnya. Penyakit jantung, diabetes miletus boleh berangkat," kata Azimal didampingi Kasie Kesehatan BPHI Madinah, dr Tjetjep Ali Akbar.

Menurut Azimal dengan adanya pengontrolan tersebut akan memudahkan jamaah dalam pengobatan. Sementara itu pihak BPHI juga akan lebih mudah untuk menyiapkan obat-obatan.

"Kami berharap jamaah segera menghubungi tim medis jika merasa tidak enak badan. Bila ada jamaah haji yang sakit mendapat perhatian khusus dari BPHI," katanya.


(bgs/trq)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Call Center Haji



 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Haji Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template