Headlines News :

Home » » Laporan Langsung dari Arab Saudi Tiga Alasan Orang Dilarang Ibadah Haji

Laporan Langsung dari Arab Saudi Tiga Alasan Orang Dilarang Ibadah Haji

Written By Unknown on Senin, 01 Oktober 2012 | 01.07

Kasie Layanan Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Jeddah Ananto Prasetya (Fetra Hariandja-Okezone.com)
Kasie Layanan Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Jeddah Ananto Prasetya (Fetra Hariandja)
JEDDAH - Sedikitnya empat calon jamaah haji Indonesia harus menjalani perawatan medis secara khusus saat tiba di Arab Saudi. Keempat calon jamaah haji tersebut mengalami serangan jantung, stroke dan gagal ginjal. Penyakit tersebut merupakan bawaan dari Tanah Air.


Kenyataan tersebut menimbulkan pertanyaan. Mengapa jamaah yang mengalami stroke, memiliki riwayat sakit jantung dan gagal ginjal bisa berangkat menunaikan ibadah haji?

Kasie Layanan Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Jeddah Ananto Prasetya mengatakan, calon jamaah haji tidak pernah dilarang berangkat ke Arab Saudi. Namun jamaah bersangkutan harus lolos syarat yang sudah ditetapkan, terutama terkait medis.

"Jamaah yang dilarang berangkat adalah yang sedang hamil dengan batasan tertentu, berpenyakit menular yang belum diobati serta penyakit yang membahayakan dalam penerbangan," kata Ananto kepada Okezone di Jeddah, Senin (1/10/2012).

Menurut Ananto, di luar syarat tersebut jamaah yang punya riwayat penyakit diizinkan berangkat menunaikan ibadah haji. Tentunya, jamaah bersangkutan mampu mengenali faktor risiko yang dimikinya.

"Caranya, dengan membawa semua obat-obatan untuk menjaga bila sewaktu-waktu penyakitnya kambuh. Jadi, kalau mengalami stroke, gagal ginjal dan jantung masih bisa menunaikan ibadah haji," paparnya.
(fmh)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Call Center Haji



 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Haji Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template