Ilustrasi
"Saya akan melihat secara langsung bagaimana layanan haji tahun ini. Saya ingin tahu kualitas pelayanan yang diberikan kepada jamaah sejak kloter pertama tiba di Arab Saudi. Ini juga menjadi konsen kita semua," kata Bahrul kepada wartawan di Jeddah, Selasa (24/9/2012) malam.
Bahrul mengakui bahwa dirinya diutus langsung Menteri Agama Suryadharma Ali sebelum berkunjung ke Arab Saudi sebagai Amirul Haj tahun ini. Konsen Kementerian Agama adalah peningkatan kualitas dibanding tahun sebelumnya.
"Secara umum kami persiapan lebih matang tahun ini. Ada dua sasaran yang tahun ini ingin ditingkatkan. Pertama mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan haji dari berbagai aspek. Kedua, peningkatan pada intesifikasi yakni manajemen mutu," ungkap Bahrul.
Terkait evaluasi kualitas layanan, Bahrul menerima laporan dar petugas haji berwenang di Jeddah, Makkah dan Madinah berjalan sesuai prosedur. Untuk itu, dia meminta semua petugas haji tetap menjaga konsistensi layanan hingga musim haji berakhir.
"Sejauh ini berjalan dengan baik. Kami juga menetapkan standard operating procedure (SOP) yang lebih ketat dibandingkan tahun lalu. SOP itu berlaku pada pelayanan di pemondokan, pelayanan ibadah, katering dan tranportasi," lanjut Bahrul.
Berdasarkan pantauan Okezone di Arab Saudi, belum ditemukan kendala berarti selama empat hari prosesi kedatangan jamaah haji. Hanya saja, ada satu jamaah yang mengalami gagal ginjal dan disorientasi saat tiba di Bandara Haji King Abdul Aziz Jeddah.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !