Headlines News :

Home » » 6 ribu Jamaah Siap Diberangkatkan Menuju ke Mekah

6 ribu Jamaah Siap Diberangkatkan Menuju ke Mekah

Written By Unknown on Sabtu, 29 September 2012 | 20.16

Jamaah haji Indonesia bersiap menuju Makkah (Fetra Hariandja-Okezone.com)
Jamaah haji Indonesia bersiap menuju Makkah
MADINAH - Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ahmad Jauhari, mengatakan, sekira 6 ribu jemaah haji pada Minggu, 30 September 2012, jamaah haji Indonesia gelombang I akan mulai diberangkatkan dari Madinah ke Mekah.


“Setelah menetap delapan sampai sembilan hari di Madinah, untuk berziarah dan melaksanakan salat sunat ‘arbain, mereka akan ke Mekah setelah miqat atau berniat umrah dari Bir Ali, Madinah,” kata Jauhari, di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (29/9/2012).

Menurutnya ada 15 kloter yang akan bergerak ke Mekah. Mereka terbagi dalam tiga waktu, yaitu subuh (06.00 waktu Arab Saudi atau WAS), zuhur (13.30 WAS), ashar (16.30 WAS), dan magrib (19.00 WAS). “Pelepasan akan dilakukan di depan pemondokan masing-masing.” Ujarnya.

Jauhari menjelaskan, untuk subuh, terdiri atas Kloter 1 Medan (MES), Kloter 1 Palembang (PLG), Kloter 1 Solo (SOC), Kloter 1 dan 2 Batam (BTH), Kloter 1 Surabaya (SUB), Kloter 1 Jakarta (JKG), Kloter 1 Bekasi (JKG).

Untuk zuhur hanya satu yakni Kloter 1 Lombok (LOP). Kloter 1 Padang (PDG), Kloter 1 Ujung Pandang (UPG), Kloter 2 dan 3 SOC, Kloter 2 JKG), serta Kloter 1 Balikpapan (BPN), akan berangkat ke Mekah setelah salat magrib.

Untuk memperlancar keberangkatan, Jauhari menjelaskan bila berangkat setelah subuh, biasanya persiapan telah dilakukan sejak pukul 04.00 WAS. “Semua barang sudah diturunkan dan bus telah ada sekitar tiga jam sebelum jamaah berangkat,” ujarnya.

Tak lupa, jamaah juga harus sudah mempersiapkan diri sebelumnya. Misalnya, sudah mandi dulu sebelum tiba di Bir Ali. Jauhari mengharapkan para kepala sektor mengingatkan kembali pada tiap kloter agar telah menggunakan pakaian ihram sejak dari pemondokan untuk memudahkan proses di Bir Ali. “Kalau semua jamaah mandi di Bir Ali akan mengganggu proses keberangkatan,’” tegas Jauhari. (ctr).

(Akmal Irawan/Sindoradio/fmh)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Call Center Haji



 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Haji Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template