Headlines News :

Home » » Laporan Langsung dari Arab Saudi Ingat! Haji Adalah Ibadah Amaliah Fisik

Laporan Langsung dari Arab Saudi Ingat! Haji Adalah Ibadah Amaliah Fisik

Written By Unknown on Senin, 01 Oktober 2012 | 01.09

Tawaf merupakan salah satu ritual yang dilakukan jamaah haji (Fetra Hariandja-Okezone.com)
Tawaf merupakan salah satu ritual yang dilakukan jamaah haji (Fetra Hariandja)
JEDDAH - Setiap umat muslim yang mendapat kabar bisa berangkat ibadah haji pasti merasakan kebahagiaan luar biasa. Terkadang, calon jamaah haji lupa kalau selama di Arab Saudi membutuhkan fisik yang prima.


Berdasarkan pengalaman, Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) melihat calon jamaah haji tidak mempersiapkan mental dan fisik secara matang. Padahal, ritual haji sebagian besar merupakan ibadah fisik atau disebut amaliah fisik.

"Sejak berangkat dari rumah ke embarkasih, kemudian ke bandara dan melakukan penerbangan, butuh fisik yang baik. Alasannya, saat tiba di bandara, semua jamaah langsung menjalankan rutinitas ibadahnya," kata Kepala Bidang Bimbingan Haji PPIH Surahmat di Jeddah, Senin (1/10/2012).

Surahmat melanjurkan, persiapan dalam beribadah sangat berhubungan dengan kesempurnaan ibadah itu sendiri. Artinya, kondisi fisik, menjaga kesehatan dan keselamatan mutlak harus dilakukan setiap jamaah.

"Karena ada kendala fisik dan kesehatan, maka ibadahnya akan terganggu. Jadi saya imbau, terutama yang masih berada di Tanah Air agar mempersiapkan kesehatan dan kondisi fisiknya," ungkapnya.

Salah satu cara adalah memastikan istirahat yang cukup beberapa hari sebelum berangkat. Pada fase ini, jamaah sebaiknya menghindari melakukan kegiatan yang berhubungan dengan fisik. Jamaah seyogyanya memperbanyak kegiatan mental spiritual.

"Dari segi persiapan ibadahnya, tentu sesuai dengan manasik yakni perbanyaklah dzikir. Dengan selalu ingat kepada Allah, tentu akan memperoleh pertolangan selama menjalankan ibadah," ungkapnya.
(fmh)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Call Center Haji



 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Haji Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template